Kawasaki Ninja ZX-6R Forum banner
1 - 1 of 1 Posts

·
Registered
Joined
·
3 Posts
Discussion Starter · #1 ·
Siapa sih yang tidak mengetahui kopi tubruk arabika yang satu ini. Kopi ini enak di nikmati saat pagi hari atau malam hari loh, pembuatannya juga tidak terlalu sulit bagi anda yang pemula ingin mencobanya, Anda bisa melihat resep di bawah bagaimana cara pembuatan kopi tubruk arabika.

Pengertian Kopi Tubruk

Kopi tubruk merupakan kopi hitam yang paling sederhana. Kopi tubruk ini awalnya berasal dari daerah Jawa dan Bali. Karena perkembangan zaman dan migrasi penduduk, metode ini pun hampir digunakan di seluruh Indonesia.

kopi tubruk adalah metode yang paling tua. Menurut sejarah, metode seduh ini awalnya diperkenalkan oleh pedagang dari timur tengah pada era kolonial. Proses pembuatan kopi ini masih sangat sederhana dan tradisional. Tidak butuh alat seduh kopi yang mahal. Ketika menikmati kopi ini, Anda juga akan menikmati ampasnya.

Manfaat Kopi Tubruk Bagi Sendiri

Tiap pecinta kopi memiliki kecintaan masing-masing akan metode seduh yang mereka gemari untuk menyeduh sajian kopi favorit di pagi hari.

1. Hemat Waktu Di Tengah Kesibukan

Sedang padat dengan jadwal kerja yang harus segera disiapkan, layaknya saling kejar-mengejar di antara waktu, tapi sajian kopi juga harus tersiasati. Jika menggunakan alat kopi untuk membuat seduhan kopi mungkin membutuhkan beberapa menit waktu, yang seharusnya bisa untuk menyelesaikan pekerjaan yang sedang dikerjakan.

Maka solusinya hanya dengan kopi tubruk, cukup persiapkan kopi yang sudah digiling, cangkir dan juga air panas. Tuang bubuk kopi ke cangkir, tuang air panas, selama menunggu sekitar 4 menit ekstraksi, kamu bisa melanjutkan pekerjaan. dan meneguknya di sela waktu.

2. Perihal Kesederhanaan

Tidak ada yang seindah kesederhanaan itu sendiri, bahkan kesederhanaan itu sendiri adalah seni di beberapa bidang ilmu yang melibatkan visual. Maka tidak heran jika bebeapa orang mencintai sajian kopi tubruk karena esensi proses penyajiannya yang sederhana. Sehingga setelahnya bisa menikmati tiap teguk kopi tubruk dengan lebih leluasa di segala suasana. Cangkir berwarna putih, dengan tekstur bubuk kopi yang masih di ambang permukaan kopi, visual yang indah di antara buih perlahan menenggelamkan ampas ke bagian bawah.

3. Kesan Akhir Ampas Kopi pada Cangkir

Di beberapa literatur menjelaskan kesan akhir ampas kopi pada cangkir bisa digunakan untuk media meramal nasib. Lengkapnya budaya ini berasal dari Turki tapi di sisi lain tidak heran jika beberapa pecinta kopi ada yang menyenangi tiap ampas kopi yang tertinggal di cangkir. Bahkan tidak hanya kesan akhir pada kopi tubruk, kesan akhir tiap sajian kopi pastinya memiliki tempat bagi para penikmatnya yang antusias meneguk kopi dengan sepenuh hati.

Cara Membuat Kopi Tubruk Arabika
Food Ingredient Kona coffee Single-origin coffee Cocoa bean



Cara membuat kopi tubruk memang sangat mudah. Tapi ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Supaya hasil kopinya semakin enak dan nikmat. Menyeduh kopi itu seperti membuat maha karya. Setiap tangan menghasilkan rasa kopi yang berbeda, walaupun memakai jenis kopi yang sama. Perbandingan air, kopi dan gula pun harus tepat. Inilah tips yang harus anda perhatikan, supaya menghasilkan rasa kopi yang nikmat.

1. Air Seduhan

Dalam satu cangkir kopi tradisional ini, 90 persennya berisi air. Oleh karena itu anda harus memberikan suhu air yang tepat, sehingga rasanya kopi akan semakin nikmat. Panaskan air sampai suhu 90oC. Semakin rendah temperatur air, maka rasa kopi semakin asam. Anda juga bisa memakai alat pemanas kopi agar lebih mudah dan praktis jika anda mau.

2. Jenis Kopi Yang Di Seduh

Anda bisa memakai jenis biji kopi apapun untuk membuat kopi tubruk. Tinggal sesuaikan dengan selera anda. Pilihlah biji kopi yang masih segar, yang baru saja di sangrai. Jangan gunakan biji kopi yang sudah di sangrai lebih dari 2 bulan. Proses penggilingan akan lebih baik jika anda menggiling kopi tepat sebelum diseduh, karena aroma kopi yang sudah digiling atau dihancurkan lebih mudah menguap.

Tingkat kehancuran biji kopi pun harus diperhatikan. Jangan sampai terlalu halus karena akan menyebabkan kopi menjadi terlalu pahit dan jangan pula terlalu kasar agar kopi tidak terlalu asam. Semakin kasar hasil gilingan kopi, maka air pun akan semakin sulit buntuk melarutkan sari-sari kopinya.

3. Alat Seduh

Untuk membuat kopi ini, anda tak perlu alat seduh yang rumit. Anda hanya butuh panci, teko dan sendok saja. Tak perlu mesin penyeduh kopi yang rumit. Untuk menggilingnya, anda bisa memakai alat giling atau menggiling secara manual. Semua alat seduhnya bisa anda temukan di rumah. Dengan harga yang murah meriah.

4. Rasio Air dan Kopi

Untuk membuat kopi tubruk yang enak, anda harus memperhatikan rasio air dan kopinya. Sebenarnya rasio ini bisa disesuaikan dengan selera. Anda ingin kopi yang kental atau agak cair. Kalau kental rasio kopinya lebih banyak dibandingkan air.

Tapi kalau kopi terlalu encer, bisa menghilangkan karakter dan rasa dari kopi itu sendiri. Oleh karena itu anda harus membuat dengan perbandingan yang tepat. Perbandingannya bisa memakai 1:15. Misalkan anda memiliki 20 gram kopi, maka memakai air 300 ml. dengan perbandingan ini, akan membuat kopi semakin enak dan nikmat.

4. Waktu Penyeduhan

Timing is everything. Agar seduhan kita menghasilkan aroma dan rasa terbaik, perlu waktu seduh yang tepat. Untuk metode tubruk ini, waktu yang kita butuhkan kira-kira 4 menit. Sebagai tambahan, pada awal menyeduh sebaiknya kita membasahi kopi selama 30 detik. Ini kita lakukan untuk memanaskan bubuk kopi secara awal (pre-heating). Selain itu, ini kita lakukan juga untuk mengeluarkan gas yang terkandung di kopi dan sela-selanya.

Setelah menyeduh, biarkan kopi larut selama 3-5 menit tanpa mengaduknya terlebih dahulu. Biarkan kopi dan air melarut secara alami. Setelah itu, baru diaduk perlahan. Jika menginginkan rasa yang lebih kuat, maka aduklah lebih lama.

Untuk memudahkan anda agar kopi kalian panas otomatis tanpa memasak air. Anda perlu menggunakan alat pemanas kopi atau disebut coffe warmer, Coffe warmer ini adalah sebuah alat yang berfungsi untuk memanaskan kopi dengan mudah dan praktis, mesin pemanas kopi ini juga dapat membantu anda saat anda tidak mau disusahkan dengan kerepotan saat menikmati mantapnya kopi.

Bagaimana mudah bukan? Anda bisa membuatnya sendiri di rumah tanpa harus memakai bahan yang rumit. Bisa di buat sendiri di pagi hari setelah bangun tidur. Menikmati kopi tubruk pasti akan menyenangkan pikiran anda agar tidak terlalu stress dengan pekerjaan seharu – hari yang di lakukan.
 
1 - 1 of 1 Posts
Top