Kawasaki Ninja ZX-6R Forum banner
1 - 1 of 1 Posts

·
Registered
Joined
·
1 Posts
Discussion Starter · #1 · (Edited)
Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sedikit mengenai bisnis arum manis cup yang saat ini sedang hits di kalangan banyak orang. Kamu tahu jajanan yang memiliki ciri khas rasa manis dan tekstur lembut? Nah benar sekali, jajanan tersebut adalah arum manis. Jajanan manis ini sebenarnya sudah ada sejak zaman nenek moyang kita loh. Pada zaman tersebut, arum manisnya berbentuk seperti rambut orang tua yang sudah beruban. Dari hal tersebutlah yang membuat nama untuk jajanan manis ini, yap namanya adalah arum manis rambut nenek. Pada zaman tersebut, arum manis juga hanya bisa dinikmati oleh kalangan bangsawan dan orang yang memiliki uang lebih saja. Karena arum manis ini cukup langka.

Akan tetapi, saat ini arum manis bisa dinikmati oleh siapa saja. Mulai dari kalangan anak kecil, anak remaja, orang tua, laki-laki ataupun perempuan. Oleh karena itu, banyak orang juga yang menjadikan arum manis ini sebagai bisnis loh. Mereka juga mengkreasikan varian dari arum manis, entah itu dari rasa, warna, bentuk ataupun kemasannya. Semoga agar dapat menarik minat para pembeli agar tidak beralih ke produsen lain. Nah daripada penasaran penasaran cara membuat jayanan manis ini, yuk langsung saja simak artikel ini.

Cara Membuat Arum Manis Cup
Food Pink Serveware Cuisine Sweetness

Alat dan Bahan:
  • Stick yang terbuat dari bambu atau bisa juga menggunakan stick lolipop
  • Cangkir
  • sodet
  • 800 gram gula semut atau gula pasir
  • 40 ml atau 1 cangkir sirup jagung
  • Air mineral 40 ml atau 1 cangkir
  • 3 sdt garam halus
  • 1 sdm ekstrak rasa berry
  • Pewarna makanan merah mawar atau sesuai selera

Cara Membuat Arum Manis Cup:
  1. Siapkan panci yang berukuran lumayan besar, kemudian masukkan gula pasir, sirup jagung, garam halus, dan air secara perlahan.
  2. pilihan panci di atas kompor, lalu rebus semua bahan yang ada di panci tersebut dengan menggunakan api sedang. Jangan lupa untuk mengaduknya, hingga semua bahan tersebut larut dan juga mendidih.
  3. Panaskan larutan gula tadi pada suhu 160 derajat celcius, untuk mengukur suhu pada larutan gulanya, kamu bisa menggunakan termometer permen. Lalu masukkan juga ekstrak rasa berry dan pewarna makanan merah mawar atau sesuai selera. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur merata.
  4. Selanjutnya jika semua bahan sudah tercampur rata dan sudah mendidih, larutan gula panas ke dalam wadah yang berbentuk tidak terlalu rendah dan tahan panas.
  5. Celupkan sodet ke dalam larutan gula, angkat sodet lalu tahan di atas panci selama 2 detik, agar larutan gula menetes dalam mesin. Tahan larutan gula yang berada di bagian dalam mesin tadi. Ayunkan sodet ke arah depan dan belakang dengan perlahan dan hati – hati agar dapat terbentuk untaian gula yang tipis dan lembut.
  6. Sesuaikan ukuran arum manis dengan yang kamu inginkan atau sesuai dengan kemasan cup yang akan kamu gunakan
  7. Jika ukuran arum manis sudah sesuai, masukkan ke dalam cangkir yang digunakan sebagai pengemasnya. Kemudian tutup piala tersebut dengan rapat.
  8. Tujuan dari penutupan cangkir dengan rapat tersebut agar udara yang masuk ke dalam arum manis tidak banyak. Karena jika di dalam arum manis terdapat kelembaban udara yang tinggi, maka akan mengakibatkan arum manis lengket dan meleleh. Selain itu, arum manis yang dikemas menggunakan cup juga lebih aman untuk dibawa kemana-mana.

Pemasaran Bisnis Usaha Arum Manis Cup
Liquid Paint Cosmetics Fluid Nail polish


Tidaklah terlalu sulit untuk memasarkan arum manis, karena jajanan manis ini sangat disukai oleh anak – anak. Jadi kamu dapat memasarkan arum manis ini di tempat – tempat yang dikunjungi banyak orang. Sebagai contohnya yaitu kawasan sekolah, tempat wisata, tempat rekreasi pasar ataupun swalayan. Kamu juga bisa menawarkan bisnis arum manis cup buatanmu untuk menyediakan jajanan manis ini pada acara ulang tahun anak-anak. Jajanan yang terkenal dengan rasa manis ini juga bisa kamu titipkan kepada penjualan makanan ringan ataupun membuka kemitraan yang sedang trending di kalangan masyarakat.

Konsumen dari Piala Bisnis Usaha Arum Manis
Cotton candy World Pink Magenta Fun

Target konsumen untuk usaha arum manis pada umumnya yaitu hanya untuk kalangan anak – anak saja. Akan tetapi seiring dengan berkembangnya zaman dan berjalannya waktu, jajanan arum manis ini tidak hanya diminati oleh anak – anak saja. Banyak para orang dewasa pun yang juga menyukai jajanan manis ini, biasanya mereka membeli arum manis karena untuk mengenang masa indah saat masih kecil dulu. Selain itu, kini arum manis juga memiliki berbagai macam varian. Sehingga sebagai daya tarik agar orang-orang membeli jajanan manis ini.

Kunci Sukses Bisnis Piala Arum Manis
Shelf Product Shelving Font Recipe

Untuk membuat arum manis, kamu harus menggunakan bahan baku yang memiliki kualitas dan keamanan yang terjamin. Agar nantinya para konsumen tidak kembali lagi produk yang kamu produksi dan tidak membeli produk ke produsen lainnya. Tawarkan sesuatu yang menarik dan unik untuk menarik minat para pembeli arum manis. Contohnya kamu bisa menggunakan kemasan produk yang menarik atau menawarkan varian rasa dan warna kepada para pembeli. Dengan begitu para pembeli akan semakin loyal dengan produk arum manis yang kamu tawarkan.


Selain itu, untuk menjalankan bisnis arum manis cup ini kamu juga membutuhkan sebuah mesin produksi arum manis. Jika kamu ingin membeli mesin arum manis ini, kamu bisa mengunjungi toko yang menjual mesin produksi makanan atau lainnya, contohnya adalah di rumah mesin. Atau kamu juga bisa membeli mesinnya secara online, tetapi pastikan juga kualitas mesin tersebut. Karena mesin arum manis yang memiliki kualitas yang baik akan menghasilkan arum manis yang lebih lembut dan enak.



Itu tadi adalah pembahasan sedikit mengenai bisnis arum manis cup yang saat ini sedang digemari oleh banyak orang. Jika kamu ingin menjalankan usaha arum manis ini, jangan ragu ya. Karena proses pembuatannya cukup mudah, kamu juga bisa melihat resep di atas tadi untuk membuat jajanan manis tersebut. Analisis juga mulai dari pemasarannya, mulai dari pemasarannya, dan konsumen. Untuk itu mencoba membuat arum manis dan menjual bisnis
 

Attachments

1 - 1 of 1 Posts
Top