Kawasaki Ninja ZX-6R Forum banner
1 - 1 of 1 Posts

·
Registered
Joined
·
3 Posts
Discussion Starter · #1 ·
Pengertian Kopi

Kopi adalah salah satu tanaman semak yang dapat tumbuh di daerah tropis dengan ketinggian 700 – 1600 mdpl. Pohon kopi dipangkas pendek untuk menghemat energi dan bantuan panen, namun bisa tumbuh lebih dari 30 kaki (9 meter) tinggi. Setiap pohon ditutupi daun hijau dan ranting yang saling bertautan saling berpasangan.

Ceri kopi tumbuh di sepanjang cabang. Karena tumbuh dalam siklus yang terus menerus, tidak biasa melihat bunga, buah hijau dan buah matang bersamaan pada satu pohon. Dibutuhkan hampir setahun untuk ceri yang matang setelah berbunga pertama, dan sekitar 5 tahun pertumbuhan mencapai produksi buah penuh.

Sementara tanaman kopi bisa hidup sampai 100 tahun, mereka umumnya paling produktif antara usia 7 dan 20. Perawatan yang tepat dapat mempertahankan dan bahkan meningkatkan hasilnya selama bertahun-tahun, tergantung varietasnya. Rata-rata pohon kopi menghasilkan 10 pon ceri kopi per tahun, atau 2 pon green bean coffee.

Semua kopi komersial berasal dari wilayah dunia disebut Coffee Belt. Pohon tumbuh paling baik di tanah yang subur, dengan suhu ringan, hujan deras dan matahari yang teduh.

Sejarah Kopi

Sejarah kopi telah dicatat sejak abad ke-9. Awal mulanya kopi hanya ada di ethiopia, di mana biji-bijian asli ditanam oleh orang ethiopia dataran tinggi. Akan tetapi, ketika bangsa arab mulai meluaskan perdagangannya, biji kopi pun telah meluas sampai ke afrika utara dan biji kopi di sana ditanam secara massal. Dari Afrika Utara itulah biji kopi mulai meluas dari asia sampai pasaran eropa dan ketenarannya sebagai minuman mulai menyebar.

Tanaman Kopi dibawa masuk ke Indonesia pada masa colonial belanda, yang berhasil membuat Indonesia sebagai salah satu negara penghasil kopi utama di dunia hingga kini. Namun, akibat arus globalisasi dan kapitalisme belanda yang diterima Indonesia, budaya kopi Indonesia hanya menjadi bagian dari keseharian dan tidak banyak diapresiasi masyarakat lokal. Sungguh sangat disayangkan bila keunikan kopi Indonesia yang sudah mendunia ini tidak diketahui masyarakat Indonesia sendiri. Salah satu temuan penting adalah budaya kopi yang ada di Indonesia mendapatkan banyak pengaruh dari Eropa (Italia), Cina, Melayu, dan budaya lokal (seperti Jawa, Sumatra, dll); baik dalam hal pengolahan maupun dalam penyajian.

Cara Membuat Kopi Ala Barista
Food Tableware Coffee cup Drinkware Wiener melange

Jangan heran, jika cara seduh kopi selama ini yang hanya mengandalkan intuisi tidak pernah menciptakan hasil seduh yang diinginkan.

Hasil seduhan kopi di rumah sangat berbeda dengan seduhan kopi di kedai kopi, padahal biji kopi dan alat kopi yang digunakan sama. Secara garis besar ekstraksi kopi yang sempurna sehingga menghasilkan karakter rasa nikmat pada secangkir kopi meliputi beberapa hal.

1. Rasio Kopi Dan Air

Perbandingan gramasi biji kopi dengan volume air seduhan memegang peran yang penting. Rasio yang disarankan oleh Specialty Coffee Association (SCA), 1:15 yang mana 1 gram biji kopi untuk 15 mililiter air seduhan.

2. Giling Kopi

Semakin halus biji kopi yang digiling memberikan banyak permukaan untuk air seduhan menyentuh tiap butir-butir kopi, sebaliknya semakin halus sedikit permukaan untuk air seduhan menyentuh butir-butir kopi. Bahkan tiap alat kopi memerlukan ukuran gilingan kopi yang sesuai untuk hasilkan rasa kopi yang nikmat.

3. Suhu Air Panas

Suhu yang optimal untuk ekstraksi kopi sekitar 90-96°C, lalu bagaimana cara menemukan suhu yang tepat untuk metode seduh tertentu. Perlu melakukan pendekatan terkait ukuran gilingan biji kopi dan memahami konsep alat kopi yang digunakan.

4. Durasi Seduhan

Berapa lama air seduhan bertemu dengan bubuk kopi pada satu waktu, tentunya semakin cepat durasi membuat kopi semakin cepat juga waktu ekstraksi kopi dan sebaliknya. Berbeda alat kopi yang digunakan tentu akan berbeda durasi proses seduh yang dibutuhkan.

5. Agitasi

Mengaduk bubuk kopi selama proses seduh memberikan sedikit waktu untuk air panas lebih optimal mengeluarkan senyawa rasa. Umumnya dilakukan pada metode seduh perendaman seperti french press untuk lebih mengoptimalkan ekstraksi kopi. Dan pada metode seduh kopi drip, air panas yang dituang ke bubuk kopi menciptakan agitasi.

Untuk memudahkan anda untuk memanaskan kopi anda nanti, anda bisa menggunakan alat pemanas kopi. Alat ini berfungsi untuk memanaskan kopi dengan mudah dan praktis. Mesin pemanas kopi ini dapat membantu anda saat anda tidak mau disusahkan dengan kerepotan saat akan menikmati mantapnya kopi.

Nah, jadi bagaimana menurut anda ? apakah anda tertarik dengan resep di atas bagaimana cara membuat kopi ala barisa yang anda inginkan ? anda bisa melihat resepnya dengan baik baik dan anda bisa langsung mempraktikkan nya di rumah sendiri. Selamat mencoba.
 
1 - 1 of 1 Posts
Top